10 Cara Menghemat Baterai Smartphone

Menghemat baterai smartphone agar tidak cepat habis dikala kita sedang tidak memungkinkan untuk mengisi daya baterai smartphone. Dalam beberapa kondisi penggunaan smartphone terkadang kita dihadapkan situasi yang tidak memungkinkan untuk segera mengisi ulang daya smartphone.

Mungkin kita sedang dalam perjalanan, kita sedang berada jauh dari sumber listrik, lupa membawa adaptor dan kabel charger smartphone, atau sedang dalam kondisi mati listrik.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur di Bodi Belakang Smartphone

Sedangkan anda mungkin sangat membutuhkan smartphone anda untuk tujuan komunikasi. Dengan sisa daya yang tersedia tentunya anda ingin menghemat sehemat mungkin pemakaian baterai smartphone anda, kalau bisa smartphone bisa bertahan lebih lama lagi sampai waktunya kita memungkinkan untuk mengisi daya smartphone.

10 Cara Menghemat Baterai Smartphone
10 Cara Menghemat Baterai Smartphone (istock)

Untuk itu ada beberapa cara yang mungkin bisa anda coba dan lakukan sebagai upaya untuk menghemat baterai smartphone anda dikala darurat agar bisa bertahan lebih lama atau lebih awet lagi, apa saja yang perlu anda lakukan? berikut pembahasannya.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Anda Dikala Darurat

1. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Secara bawaan anda bisa menggunakan fitur hemat baterai atau battery saver atau mode sejenisnya untuk setiap brand dan tipe smartphone apapun. Di iOS ada yang namanya Mode Daya Rendah sedangkan di Android ada mode Battery Saver, dan terkadang di android juga berbeda penamaan tergantung dari custom OS dari brand smartphone.

Jika anda memang membutuhkan masa aktif baterai yang lebih lama maka bisa mengaktifkan opsi fitur ini pada Pengaturan smartphone.

Cara kerjanya fitur battery saver ini cukup sederana seperti membatasi aplikasi yang berjalan dibackground, menurunkan keceraan layar, notifikasi serta mengurangi kinerja dari cpu dan gpu agar lebih efisien dari segi pemakaian daya. 

2. Turunkan Kecerahan Layar Anda Seminimal Mungkin

Kecerahan layar juga sangat berpengaruh terhadap seberapa boros pemakaian baterai kita, jika kondisinya memang anda harus menghemat sekali pemakaian baterai maka disarankan untuk mengatur kecerahan layar secara manual.

Karena dengan fitur kecerahan otomatis memang kita mendapatkan tingkat kecerahan yang pas atau bisa terlihat dengan baik sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. 

Namun begitu anda bisa mengatur manual agar lebih bisa diturunkan lagi tingkat kecerahan layarnya agar lebih hemat dalam pemakaian daya baterai. 

Kita akan mengompromikan visibilitas yang baik demi waktu yang bisa kita perpanjang dari sisa baterai yang tersisa.

3. Atur Layar Agar Mati Lebih Cepat 

 Anda bisa mengatur layar smartphone lebih cepat mati/tidur saat tidak aktif digunakan, gunakan settingan waktu 15 detik atau opsi yang lebih cepat tujuannya tentunya agar baterai anda tidak cepat habis karena pemakaian dari layar smartphone anda.

4. Menonaktifkan Suara dan Vibrate Smartphone

Jika anda masih menggunakan fitur getaran atau mengaktifkan vibrate pada smartphone ketika di sentuh atau mengetik maka saran saya bisa dinonaktifkan dulu fitur ini selama anda dalam masa ingin menghemat baterai.

Selain itu anda bisa mempertimbangkan untuk menonaktifkan suara terutama suara notifikasi tujuannya untuk benar-benar menghemat baterai lebih lagi. Tapi untuk suara ini tidak harus anda lakukan jika dirasa anda penting untuk mendapatkan update notifikasi via suara mungkin agar anda mendengar ada whatsapp masuk.

5. Gunakan Dark Mode Untuk Smartphone dengan Layar Amoled

 Untuk anda yang tipe layar smartphonenya menggunakan panel jenis Amoled atau Oled maka fitur dark mode ini bisa mengurangi banyak sekali pemakaian daya smartphone. Pada kedua jenis panel tersebut yang saya sebutkan jika menggunakan fitur dark mode maka pada background hitam layar akan benar-benar mati secara panel layarnya. 

Jadi dengan mengaktifkan fitur dark mode ataupun menggunakan wallpaper dan tema yang berwarna hitam gelap maka bisa menurunkan pemakaian daya baterai smartphone anda.

6. Gunakan Refresh Rate Rendah (standar)

Untuk smartphone keluaran jaman sekarang yang sudah memiliki fitur seperti high refresh rate yang mampu membuat layar menjadi mulus secara animasi karena mampu menampilkan frame rate tinggi 90hz/120hz/144hz.

Namun dalam kasus anda ingin menghemat baterai maka bisa menggunakan pengaturan refresh rate yang renda atau standar saja di 60 hz karena memang pemakaian refresh rate layar yang tinggi akan membuat baterai smartphone menjadi lebih boros.

7. Matikan Konektifitas yang Tidak Digunakan

Ada beberapa fitur konektifitas dalam smartphone yang bisa memakan daya baterai menjadi lebih boros dan cepat habis. Anda bisa menonaktifkannya seperti fitur Data Seluler, Wifi, Bluetooth, Hotspot, NFC, Sinkronisasi, serta GPS.

Untuk data seluler jika anda membutuhkan misal untuk komunikasi whatsapp anda bisa aktifkanya, namun jika tersedia koneksi wifi anda bisa menggunakan mode airplane dan menggunakan konektifitas wifi. Dengan cara tersebut bisa jauh menghemat pemakaian baterai.

9. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Digunakan Yang Berjalan di Background

Smartphone jaman sekarang menawarkan ketersedian kapasitas RAM yang cukup besar jadi kita bisa membuka dan menjalankan banyak aplikasi dibackground. Tujuannya baik agar kita bisa berpindah satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa perlu me-restart aplikasi.

Namun begitu semakin banyak aplikasi yang berjalan dibackground maka juga dapat diartikan akan semakin mengurasi pemakaian baterai smartphone anda.

Tapi bukan berarti anda membersihkan keseluruhan aplikasi yang berjalan dibackground karena jika melakukan hal tersebut anda membutuhkan aplikasi tersebut maka saat membukanya jug akan me-restart dan ini memakan resource seperti cpu lagi yang bisa sedikit membuat baterai anda boros.

Karena kita tujuannya menghemat sehemat mungkin baterai jadi kalau bisa aplikasi yang masih penting dan dipakai tetap biarkan jalan dibackground, untuk aplikasi lainnya yang sudah tidak dipakai bisa dibersihkan dari background.

10. Minimalkan Pemakaian Smartphone Jika Tidak Penting

Terakhir yang juga terpenting jikalau anda ingin menghemat pemakaian baterai smartphone anda adalah dengan mengurangi penggunaan smartphone itu sendiri.

Tentunya dengan tidak melakukan hal-hal yang dirasa tidak penting yang bisa menguras baterai smartphone anda seperti bermain game, scrolling sosial media, penggunaan kamera, dan hal lainnya.

Anda bisa menggunakan smartphone jika dirasa dibutuhkan misal untuk komunikasi dan hal penting lainnya. Seminimal mungkin menghidupkan layar dan menggunakan smartphone.

Kesimpulan

Penting sekali untuk kita sebagai pengguna smartphone tahu bagaimana cara untuk menghemat sehemat mungkin pemakaian baterai. 
 
Hal ini akan sangat terasa berguna dan bermanfaat jika kita dihadapkan disituasi tidak memungkinkan untuk melakukan proses charge smartphone dan kita masih membutuhkan smartphone untuk komunikasi kedepannya.
 

Dengan melakukan semua poin yang sudah saya sebutkan dan jelaskan diatas maka bisa jauh menghemat pemakaian baterai jadi anda bisa membuat hp anda bertahan lebih lama lagi dari pada pemakaian biasanya.

Mungkin itu dulu sedikit pembahasan dari saya tentang 10 cara menghemat baterai smartphone, jika anda ada cara atau tips lainnya untuk menghemat pemakaian baterai smartphone bisa tulis komentar dibawah. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat, sampai jumpa.
Baca juga
author-photo

Zaeni aka Cebox

Tertarik mengenai teknologi dan gadget.

Tuliskan komentar anda dibawah dengan sopan dan tidak SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar