Cara Melacak Smartpone Anda yang Hilang

Sebagai pengguna smartphone yang setiap hari dan setiap saat membawa smartphone berpergian kemana saja. Maka resiko kehilangan HP atau smartphone juga tinggi mungkin kita lupa atau ketinggalan ataupun dicuri oleh seseorang secara langsung saat kita sedang menggunakannya diluar.

Smartphone jaman sekarang bukan hanya sekedar nilai atau harga jualnya yang berharga tapi juga ada informasi dan data pribadi yang penting seperti foto, video, dokumen, nomor hp tersebut, dan hal-hal lainnya yang penting dan tidak bisa hilang begitu saja bagi kita sebagai pemiliknya.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur di Bodi Belakang Smartphone

Takutnya kalau smartphone kita disalahgunakan saja, karena tidak sedikit kejadian seperti itu terjadi.

Untuk itu anda harus tahu cara untuk melacak smartphone anda dan apa saja yang harus anda lakukan ketika smartphone anda hilang agar anda bisa menemukannya kembali.

Cara Melacak Smartpone Anda yang Hilang
Cara Melacak Smartpone Anda yang Hilang (istock)

Tapi perlu dicatat tutorial ini merupakan cara yang bisa anda lakukan dan bukan berarti 100% bisa menemukan hp anda yang hilang tapi setidaknya bisa memperbesar kemungkinan kita untuk menemukannya kembali, berikut pembahasannya.

Hal yang Bisa Anda Lakukan Ketika Smartphone Hilang

Cari Segera Ditempat Kejadian Begitu Anda Tahu Smartphone Anda Hilang

Ketika anda sadar bahwa smartphone anda sudah hilang mungkin kelupaan naruh atau jatuh. Maka langka pertama yang bisa anda lakukan adalah segera mencari smartphone dilokasi kejadian.

Karena kejadiannya belum berselang lama maka masih ada kemungkinan jika anda lupa taruh atau smartphone anda jatuh dalam posisi belum diambil orang lain.

Anda bisa meminta bantuan teman anda jika sedang bersama teman anda, karena semakin banyak yang membantu maka kemungkinan hp anda ditemukan semakin besar juga. 

Anda bisa juga sembari terus menelpon smartphone anda agar berdering dan anda dengan mudah menemukan lokasinya ataupun seadanyai ditemukan orang, orang tersebut bisa anda hubungi dan ajak bertemu untuk mengembalikannya.

Cobalah periksa daerah sekitar kejadian anda, anda bisa menginggat kemana anda berjalan dan singgah beberapa menit sebelumnya. Di ingat-ingat terakhir posisi anda masih memegang smartphone dan sampai anda merasa kehilangan, telusuri jalan tersebut (sembari terus ditelpon)

Cobalah lakukan pencarian beberapa kali ditempat-tempat anda mungkin duduk, singah atau berjalan bersama teman anda.

Anda juga bisa menanyakan kepada warga atau orang yang ada disekitaran lokasi, karena bisa juga handphone anda sudah ditemukan namun disimpan dulu untuk nanti kalau ada orang yang mencari dan merasa kehilangan.

Disini tetap tenang agar proses pencarian bisa lebih maksimal.

Jika anda sudah mencarinya dan tidak ditemukan kita bisa lanjut ke cara selanjutnya.

Gunakan Google Find My Device (Android)

Jika smartphone anda yang hilang ber-OS Android maka bisa memanfaatkan fitur Google Find My Device yang memang dibuat untuk melacak posisi smartphone android yang hilang.

Untuk menggunakan Google Find My Device anda membutuhkan akses internet (bisa pakai smartphone lain/laptop) dan akun google (gmail) yang login pada smartphone yang hilang.

Berikut cara untuk melacak smartphone android yang hilang dengan Google Find My Device:
  • Anda bisa cari di Google "Google Find My Device" atau bisa langsung membuka situs website berikut ini "https://www.google.com/android/find".
  • Selanjutnya anda silakan login terlebih dahulu ke akun google yang ada/login juga pada smartphone anda yang hilang. Masukan email dan passwordnya.
  • Disini akan anda akan menunggu proses, dari melacak smartphone lokasi terakhir kali online. Anda bisa mendapatkan informasi akurat jika smartphone masih dalam keadaan aktif, terhubung ke internet dan GPS dalam keadaan aktif.
  • Segeralah menuju lokasi smartphone anda berada selagi masih dalam keadaan aktif.
  • Anda bisa memilih opsi "Putar Suara" setelah berada di lokasi agar smartphone anda berbunyi anda anda bisa menemukan smartphone anda.
  • Jika masih belum ditemukan maka kemungkinan besar smartphone anda sudah ditemukan oleh orang lain. Anda bisa memilih opsi "Amankan Perangkat" disana anda bisa mengunci smartphone anda dan memerintahkan untuk menampilkan pesan kepada orang yang menemukan smartphone anda. Anda bisa tinggalkan pesan seperti "tolong bantu kembalikan dan berikan nomor yang bisa dihubungi".
  • Terakhir anda bisa menunggu kabar baik dari yang menemukan smartphone anda. 

Gunakan Find My iPhone (iOS)

Jika sebelumnya sudah saya terangkan cara mencari smartphone yang hilang untuk smartphone android, nah untuk smartphone iOS alias Apple maka kita akan menggunakan layanan dari iCloud untuk mencarinya.

Berikut cara untuk melacak smartphone iOS yang hilang dengan Find My iPhone on iCloud.com:

  • Anda bisa langsung menuju website berikut https://www.icloud.com/find bisa anda akses melalui smartphone lain atau laptop anda.
  • Silakan lanjutkan dengan login ke akun iCloud yang terhubung ke iPhone anda yang sedang hilang atau anda cari.
  • Setela berhasil login akan ada opsi yang kurang lebih sama seperti android seperti "Direction" untuk mendapatkan lokasi spesifik iPhone anda terakhir, "Play Sound" untuk agar smartphone anda berdering, "Mark As Lost" untuk mengunci layar smartphone dan mengirimkan pesan layar ke penemu smartphone anda seperti memintanya mengembalikan dan menghubungi anda ke nomor lain.
  • Jika iPhone anda masih dalam perlindungan/garansi AppleCare+ maka bisa mengajukan klaim untuk kasus pencurian atau kehilangan iPhone anda untuk mendapatkan penggantian iPhone.
  • Jangan gunakan opsi "Hapus perangkat yang hilang dari akun anda" jika anda memilki AppleCare+  agar proses klaim bisa disetujui.
  • Terakhir anda hanya bisa menunggu hasilnya apakah yang menemukan iPhone anda mengembalikan ataupun klaim AppleCare+ anda berhasil.

Bagaimana Jika Tidak Smartphone Ditemukan?

Lalu sekarang pertanyaan bagaimana jika masih belum ditemukan dan yang menemukan smartphone anda tidak mengembalikannya?

Jawabannya untuk saat ini itu hal maksimal yang bisa kita lakukan sebagai pemilik smartphone. Jika dirasa smartphone anda sangat penting dan berharga mungkin anda bisa melaporkannya ke pihak polisi untuk proses lebih lanjutnya.

Disana biasanya anda akan dimintai seperti nomor hp anda, nomor imei smartphone (yang ada dalam dos box/mungkin anda sudah mencatatnya sebelumnya). Proses pelacakan akan menggunakan data dari provider yang akan dimintai langsung dari kepolisian.

Cara kerja singkatnya tiap smartphone yang terhubung ke jaringan seluler pastikan akan ada identitas berupa imei yang dikirimkan dan nomor imei ini berifat unik dan tetap sebagai identitas smartphone tersebut. Jadi nanti dari data pihak provider bisa tahu lokasi melalui bts yang terhubung (sisitem triangulasi).

Anda juga akan mendapatkan pemblokiran nomor hp anda yang hilang agar tidak disalahgunakan dan mendapatkan nomor anda kembali dari pihak provider nantinya.

Tapi hal ini tidak bisa anda lakukan sendiri hanya bisa melalui pihak kepolisian.

Namun jika anda merasa sudah ikhlas smartphone anda hilang yang penting data pribadi aman, maka bisa memilih opsi untuk menghapus data perangkat lewat Find My Device ataupun Find My iPhone. Lalu menghubungi pihak provider nomor anda untuk mendapatkan penggantian nomor yang sama dan memblokir kartu nomor yang ada di smartphone anda yang hilang.

Kesimpulan

Yang namanya hari sial memang tidak ada dikalender dan bisa anda perhitungkan, jika smartphone anda hilang semua yang saya terangkan diatas merupakan hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai upaya untuk mengembalikan smartphone tapi tidak berarti juga bisa 100% kembali kepada anda.

Memang sedikit merepotkan tapi mau bagaimana lagi sudah kejadian dan smartphone anda sedang dalam keadaan hilang.

Untuk itu penting bagi kita untuk berhati-hati dalam menjaga barang terutama smartphone yang berharga dari segi materil dan juga data informasi pribadi kita seperti nomor kontak, dll.
 

Biasakan juga smartphone selalu dalam keadaan GPS menyala, data seluler menyala, dan fitur seperti Find My Device menyala agar ketika terjadi kasus seperti ini anda bisa mendapatkan informasi lokasi smartphone anda berada secara akurat.

Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang Cara Melakacak Smartphone Anda yang Hilang, semoga bisa bermanfaat dan semoga smartphone anda segera ditemukan kembali. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat sampai jumpa.
Baca juga
author-photo

Zaeni aka Cebox

Tertarik mengenai teknologi dan gadget.

Tuliskan komentar anda dibawah dengan sopan dan tidak SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar