Cara Membersihkan Jamur di Bodi Belakang Smartphone

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan jamur yang timbul pada bodi belakang/backcover smartphone. 

Tahukah kamu bahwa smartphone yang kita gunakan selama ini begitu kotor akan kuman dan bakteri yang tidak terlihat. 

Karena hampir setiap saat kita menyentuhkanya dengan tangan kita. Dari kuman dan bakteri yang ada ditangan ini hinggap dan pindah ke smartphone kita. Sementara itu kita mungkin mencuci tangan setiap saat tapi tidak atau lupa membersihkan smartphone kita.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Cepat Rusak

Jadi kuman dan bakteri pada smartphone terus bertambah dan terakumulasi dari hari ke hari semakin menumpuk, maka wajar jika ada ada penelitian yang menyebutkan bahwa smartphone kita bisa lebih kotor dibandingkan toilet rumah.

Cara Membersihkan Jamur di Bodi Belakang Smartphone
Cara Membersihkan Jamur di Bodi Belakang Smartphone (istock)

Dari hal yang kotor ini jika dalam kondisi yang lembab maka akan menjadi pemicu tumbuhnya jamur. Tempat yang sering muncul jamur pada smartphone adalah pada backcover belakang karena biasanya kita memangkan case yang membuatnya lembab.

Apalagi untuk bodi smartphone yang berbahan kaca atau plastik yang menjadi media yang sesuai untuk tumbuhnya jamur.

Jamur pada backcover belakang ini harus segera anda bersihkan karena kalau terlalu lama terutama untuk yang backcover plastik (polycarbonat) maka jamur ini akan sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas yang membuat secara tampilan menjadi kurang enak dilihat.

Pada kali ini saya akan membagikan cara yang ampuh untuk membersihkan jamur pada backcover smartphone agar bisa kembali bersih dan kinclong seperti keadaan awal atau baru. Bagaimana caranya? berikut pembahasannya.

Cara Membersihkan Smartphone dari Jamur dan Kotoran

  • Lepaskan smartphone dari casenya.
  • Anda bisa membersihkan bodi belakang/backcover smartphone dengan melapnya dengan kain microfiber yang dibasahi dengan minyak kayu putih. 
  • Basahi sebagian permukaan kain microfiber dengan minyak kayu putih secukupnya, basahi sebagian kain microfiber dengan minyak kayu putih dan biarkan satu sisi lainnya tetap kering.
  • Usap dan gosokan kain microfiber yang anda basahi minyak kayu putih ke backcover smartphone, gosok untuk menghilangkan jamur yang membandel dan sulit untuk dibersihkan.
  • Jika sudah anda bisa mengeringkannya dengan melap dengan permukaan kain microfiber yang kering.
  • Selanjutnya anda bisa mencuci casing smartphone yang anda gunakan bisa dengan sabun, jika casing anda kotor sampai menguning bisa menggunakan sikat dan pasta gigi/baking soda yang dibuat pasta (diberi air) untuk membersihkannya.
  • Keringkan casing dengan kain atau lap bersih.
  • Anda bisa membersihkan keseluruhan bodi smartphone menggunakan hand sanitizer/alkohol untuk membersihkan smartphone secara keseluruan baik untuk layar ataupun backcover agar membunuh kuman dan bakteri. 
  • Semprotkan hand sanitizer/alkohol pada kain microfiber lalu gunakan untuk menglap smartphone pastikan smartphone bersih dari noda sidik jari.
  • Terakhir jika semua sudah kering baik smartphone dan casing, anda bisa memasangkan casing ke smartphone. Pastikan sudah dikeringkan agar tidak lembab yang bisa memicu tumbuhnya jamur lagi.

Tips dari saya anda bisa secara rutin juga membersihkan smartphone dan casing anda yang gunakan misal seminggu sekali tentunya untuk mencegah jamur timbul kembali dan menjaga kebersihan smartphone anda untuk menjaga kesehatan anda juga sebagai penggunanya.

Karena smartphone yang tidak dibersihkan (walau terlihat bersih) tadi sebenarnya sangat kotor dan kalau anda gunakan misal menelpon akan menempel pada wajah anda itu bisa memicu masalah pada wajah seperti timbulnya jerawat pada penggunannya.

Untuk itu sangat penting sekali menjaga kebersihan smartphone anda setiap saat. 

Kesimpulan

Penting sekali kita untuk rutin menjaga kebersihan smartphone agar masalah seperti timbulnya jamur ini tidak lagi terjadi. Selain itu ada faktor kesehatan juga dengan menjaga smartphone tetap bersih (rutin dibersihkan) anda bisa terhindar dari berbagai penyakit dan masalah kulit seperti jerawat.

Karena memang smartphone ini bisa dikatakan sangat kotor kondisinya dari kuman dan bakteri karena setiap saat bersentuhan dengan tangan kita yang juga bersentuhan dengan banyak benda dan tempat.
 

Kalau setiap pengguna smartphone membersihkan rutin smartphonenya saya rasa itu akan menjadi hal baik bukan?

Nah itu dulu sedikit pembahasan dari saya tentang cara membersihkan jamur dan kotoran yang ada pada bodi belakang smartphone anda, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke teman anda.
Baca juga
author-photo

Zaeni aka Cebox

Tertarik mengenai teknologi dan gadget.

Tuliskan komentar anda dibawah dengan sopan dan tidak SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar