Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legend Pada Smartphone

Anda merasakan lag saat bermain game mobile legend di smartphone anda? mungkin ini bisa jadi solusinya.

Mobile legend game moba 5 vs 5 ini cukup populer di Indonesia hampir semua kalangan pengguna smartphone memainkan game yang satu ini mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Apalagi untuk kaum milenial dan gen z sudah bisa dipastikan kalau bermain dengan teman atau di tongkrongan banyak teman yang memainkan game moba yang satu ini.

Mobile legend game yang rilis pada tahun 2016 di playstore ini sudah banyak mengalami update dan perkembangan terutama mulai dari gameplay hingga ke kualitas grafik yang ditawarkan.

Kalau dulu mungkin anda sering mendengar game ini diolok-olok player game moba lain  sebagai moba 8-bit karena kualitas grafiknya yang jelek (mirip game 8-bit). Sekarang mobile legend sudah sangat baik sekali dari segi grafis sudah bisa dikatakan HD dan banyak perkembangan.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Jaga Keamanan Data Smartphone

Hal ini membuat para player lama game ini yang masih menggunakan smartphone lama atau spesifikasi rendah mengalami masalah seperti lag dan bahkan sampai kita tidak bisa memainkannyannya karena lag tadi karena kualitas grafis yang terus meningkat sementara smartphone yang digunakan tidak meningkat secara spesifikasi.

Cara Mengatasi Lag Pada Smartphone Saat Bermain Mobile Legend
Cara Mengatasi Lag Pada Smartphone Saat Bermain Mobile Legend (istock)

Namun begitu anda tidak perlu bersedih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi lag pada saat anda bermain mobile legend, saya akan membagikan beberapa tips dan cara untuk bisa anda setidaknya lebih nyaman dan lancar dalam bermain game mobile legend ini di smartphone anda.

Tips Tetap Lancar dan Minim Lag Saat Bermain Game Smartphone

Bersihkan Recent Apps atau Matikan Aplikasi Lain yang Sedang Berjalan di Background

Hal yang perlu anda lakukan sebelum login dan masuk ke dalam game mobile legend agar smartphone anda bisa lebih lancar dan terhindar dari lag ada dengan membersihkan aplikasi yang berjalan dibackground.

Jadi sebelum anda membuka game mobile legend anda bisa bersihkan atau tutup aplikasi yang berjalan dibackground/recent app, semuanya tanpa terkecuali.

Dengan cara ini anda bisa mengosongkan kapasitas RAM yang tersedia dan pemakaian resource lain seperti cpu, gpu, dan internet bisa berkurang dan difokuskan untuk pemakaian gaming kita. Ikut meringankan kerja smartphone kita jadi smartphone tidak berat kerjanya untuk multitasking dan bermain game.

Gunakan Mode Performance Pada Smartphone

Pada smartphone jaman sekarang biasanya terdapat mode pengaturan untuk performance ataupun battery saver, anda bisa menemui penmgaturan ini ada Setting smartpone pada bagian Power management.

Sesuai namanya performance mode, mode ini jika kita gunakan smartphone akan di ijinkan berjalan lebih kencang secara performa biasanya limitasi karena panas atau pemakaian daya yang boros akan dilonggarkan agar bisa memberikan performa yang lebih kencang untuk pemakaian gaming.

Memang dengan mode performance ini biasanya smartphone akan terasa lebih panas/hangat dibandingkan biasanya dan juga penggunaan baterai akan lebih boros namun anda mendapatkan fps game atau kelancaran game yang lebih baik.

Jangan anda gunakan mode power saver untuk bermain game ya jadinya secara performa cpu dan gpu akan dibatasi karena mode power saver tujuannya untuk penghematan daya semaksimal mungkin.

Selalu Gunakan Game Booster Untuk Memulai Game

Pada smartphone yang anda miliki saat ini anda bisa menemukan menu Game booster yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja smartphone anda ketika bermain game.

Secara teknis game booster ini akan mengoptimalkan smartphone sebelum kita memainkan game tersebut dalam hal ini game mobile legend. Mulai dari mengosongkan recent app, memprioritaskan resource seperti cpu,gpu, ram dan internet untuk game serta berbagai fitur lainnya.

Jadi smartphone akan mematikan fungsi tidak penting dan program aplikasi tidak penting dan menempatkan prioritas tertinggi pada game yang sedang dimainkan agar dapat bermain dengan lancar.

Anda cukup menggunakan game booster atau sejenisnya yang dari bawaan aplikasi smartphone anda, saya yakin pasti ada karena kebanyakan produsen smartphone sudah menyediakannya kecuali smartphone anda menggunakan ROM android Stock / Vanilla.

Atur Settingan Grafis ke Terendah

Seperti yang kita ketahui game mobile terus mengalami perkembangan dan peningkatan dari segi grafis yang dapat diartikan bahwa dari segi pemrosesan grafis game akan menjadi lebih berat lagi dari sebelumnya, sementara itu mungkin secara hardware smartphone yang kita pakai tidak mengalami upgrade.
 
Ya bisa anda lakukan untuk bisa bermain dengan framerate lebih tinggi atau lebih lancar adalah dengan menurunkan settingan grafic dari mobile legend kita. Jangan memaksakan smartphone bekerja diluar kemampuannya karena hanya akan menyebabkan panas berlebih (overheat) dan pada akhirnya menjadi lag ditengah permainan.
 
Gunakan settingan grafic low atau terendah dari mobile legend, matikan semua efek yang tidak diperlukan. Anda bisa menggatur seperti teks damage, tinggi kamera, gabungkan teks damage dalam posisi on dan framerate tinggi jika memungkinnya yang lainnya seperti garis tepi, getaran layar, mode hp, bayangan, dll dimatikan saja untuk mengurangi efek yang memberatkan smartphone untuk dirender.

Jangan Bermain Game Sambil Mengecasnya

Bermain game bersamaan dengan kita mengecas smartphone tidak saya rekomendasikan terutama untuk anda yang smartphonenya entri level. Hal ini dikarekan saat bermain game seperti mobile legend smartphone sudah diajak bekerja keras untuk merender grafis game yang menyebabkan panas pada smartphone dan jika anda sambil mengecas maka yang terjadi sumber panas jadi double.
 
Dari hardware smartphone anda yang bekerja keras merender ditambah panas dari proses pengisian daya smartphone. Akibatnya smartphone jadi overheat dan panas. Ketika smartphone dalam kondisi panas maka secara kinerja atau performa akan menurun, karena secara default smartphone dirancang untuk bekerja secara optimal dalam kondisi dingin.
 
Jadi smartphone akan menurunkan atau membatas kecepatan cpu atau gpu agar tidak terjadi panas berlebih. Jadi kalau anda ingin bermain game ya di cas dulu pastkan baterai mencukupi dan kalau baterai lemah artinya anda bisa berhenti sejenak untuk mengisi daya baterai anda.
 
Lagipula ada dampak negatif jika smartphone dipaksakan dalam kondisi panas dalam jangka waktu pemakaian yang panjang salah satunya umur baterai yang jadi cepat rusak atau drop.

Bila Perlu Gunakan Cooler Smartphone Tambahan

Sekarang ini banyak produk cooler smartphone yang beredar, harganya cukup terjangkau untuk sebuah cooler smartphone dengan tipe fan / kipas, ada juga yang tipe pakai sistem pendingin seperti frezeer (ini agak mahalan).

Namun begitu cooler smartphone yang kipas saja sudah cukup efektif membantu mendinginkan smartphone saat diajak kerja berat seperti bermain game.

Anda bisa mendinginkan smartphone sehingga tidak terjadi yang namanya throttle atau penurunan performa smartphone karena overheat. Anda bisa bermain game lebih lancar, stabil dan lebih lama durasi permainannnya.

Karena sering juga smartphone lancar diawal tapi saat sudah main atau ranked mobile legend beberapa kali tiba-tiba terasa lag atau fps drop hal ini karena suhu smartphone menjadi naik dan smartphone berusaha menurunkan kinerja untuk menjaga suhu tetap diangka aman. Jadi dengan cooler sederhana seperti fan yang dipasang dibodi belakang ini efektif untuk anda para gamer dan wajib anda miliki.
 

Kesimpulan

Terakhir yang ingin saya sampaikan jika semua poin dan penjelasan diatas sudah anda lakukan dengan baik dan benar tapi dirasa smartphone anda masih terasa lag atau patah-patah atau framedrop yang membuat gameplay game mobile legend anda tidak lancar dan nyaman anda mainkan maka jangan dipaksakan.
 
Itu memang artinya smartphone anda secara hardware tidak mampu dan anda wajib membeli smartphone baru jika ingin bermain game ml dengan lancar.
 
Kedepan tentunya grafik mobile legend ini akan terus meningkat yang artinya smartphone kita juga akan semakin tertinggal apalagi yang entri level, itu sudah pasti jadi jika terasa lag ya wajar karena secara software upgrade tapi secara hardware tidak, jadi ya ndak mampu.
 
 
Anda mungkin bisa mencoba aplikasi mobile legend third party seperti mobile legend lite dimana semua efek yang memberatkan didalam game dihapus atau dihilangkan, sehingga smartphone kentang bisa tetap bermain dengan lancar.
 
Namun dengan catatan aplikasi mobile legend lite ini third party buka asli atau official dari moonton dan moonton sendiri sudah mengatakan bahwa ilegal jadi resiko bisa terkena ban bisa terjadi walaupun banyak juga usernya mengatakannya aman karena buat cheat.
 
Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang cara mengatasi lag pada smartphhone saat anda gunakan untuk bermain game mobile legend, jika anda ada cara dan tips biar bermain ml gak lag ala anda bisa share dikolom komentar.
Baca juga
author-photo

Zaeni aka Cebox

Tertarik mengenai teknologi dan gadget.

Tuliskan komentar anda dibawah dengan sopan dan tidak SARA!
Buka Komentar
Tutup Komentar